1. BIDANG PENDIDIKAN
Pemanfaatan
computer dalam bidang pendidikan sangatlah dipandang perlu karena
dengan media computer guru atau penyelenggara pendidikan akan lebih
mudah menjalankan program – program yang telah ditetapkan. Adapun contoh
pemanfaatan computer dalam dunia pendidikan adalah :
- Untuk membuat database, data siswa dan pegawai
- Untuk administrasi surat menyurat
- Untuk aplikasi perpustakaan elektronik
- Untuk menyusun administrasi perlengkapan pengajar seperti : SILABUS, dan RPP
- Sebagai media pembelajaran, guna menyampaikan materi pembelajaran, yaitu dengan membuat slide- slide menarik tentang materi pembelajaran
- Menyusun anggaran dan belanja sekolah.
- Akses internet untuk menunjang proses pembelajaran, melalui akses internet guru dan siswa dapat dengan mudah mencari informasi, ilmu atau pun buku – buku yang telah disediakan di dunia maya seperti buku gratis dari Departemen Pendidikan Nasional ( BSE ).
2. BIDANG KESEHATAN
Dalam
bidang kesehatan telah banyak menggunakan system komputernisasi dalam
menangani pasien. Bahkan saat ini telah bisa dilakukan operasi jarak
jauh melalui satelit, dimana dokter berada ditempat yang jauh dari
pasiennya. Contoh lain pemanfaatan computer dalam dunia kesehatan adalah
;
- Melakukan rotgen terhadap tubuh pasien sehingga dapat diketahui apa penyakit dan penyebabnya.
- Diagnostic, terapi dan perawatan, monitoring status pasien
- Adminstrasi Rumah Sakit
- Data base karyawan Rumah Sakit
- Laboratorium analisis kesehatan, penelitian dalam bidang kesehatan
- Penelitian dan pabrik Farmasi.
3. BIDANG TRANSFORTASI
Pada
suatu bidang tertentu komputer membantu meningkatkan efisiensi proses
yang ada dan pada bidang lainnya mereka mendorong munculnya inovasi
baru. Banyak industri baru yang bermunculan karenanya
Contoh pemanfatan computer dalam bidang transprotasi ;
a. Mobil Pandai
Sekarang
ini dalam dunia transfortasi telah dikembangkan suatu alat transfortasi
yang dikendalikan oleh computer berupa mikroproseesor.
Microprocessor
dimanfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan mengemudikan
mobil. Misalnya tahun 1985, Oldsmobile dari Amerika Serikat telah
menerapkan sistem kendali berbasis microprocessor yang mendapatkan
masukan data dari berbagai sumber seperti :
• Meter pompa injeksi (beban mesin)
• Alternator (putaran mesin per menit)
• Sistem pendinginan mesin
• Sensor tekanan absolut untuk memantau sirkulasi dan pembuangan gas
• Gigi transmisi
Data
tersebut diolah oleh microprocessor untuk mengadakan tindakan
pencegahan agar mesin tidak terlalu panas, memantau putaran mesin, beban
mesin dan penggunaan gigi transmisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.
Bahkan
sekarang ini telah dikembangkan mobil yang dapat berjalan sendiri tanpa
perlu mengemudi ( auto pilot ), prinsip kerjanya dengan menggunakan
sensor terhadap jalan yang dilaluinya, kemudian diolah pada
microprosessor .
b. Pendekatan Sistem Terintegrasi
Mobil
Mark II Continental dari Ford Motor Company memiliki CRT (Cathode Ray
Tube) pada papan kendalinya untuk menampilkan informasi tentang
temperatur, sisa bahan bakar, keterangan perjalanan (peta), waktu,
kalender, catatan perawatan dan kecepatan rata-rata dari kendaraan
c. Informasi Perjalanan
Beberapa
jenis komputer yang khusus dirancang untuk mengolah informasi
perjalanan telah dimanfaatkan pada beberapa jenis kendaraan. Informasi
yang diolah meliputi konversi dari kilometer ke mil, perkiraan jarak
tempuh untuk bahan bakar yang ada dan kecepatan rata-rata kendaraan
d. Diagnosis Kendaraan dan Perawatan
Cadillac
produksi tahun 1985 telah mampu untuk menampilkan sampai 43 jenis
kerusakan pada sistem kendaraan tersebut sehingga teknisi dapat
memanfaatkan informasi ini untuk mengarahkan proses perbaikan. Dampak
negatifnya adalah hilangnya kesempatan bengkel kecil karena tidak mampu
untuk membeli perawatan diagnosis tersebut.
Sistem semacam ini terus dikembangkan dan mengarah pada sistem navigasi
dengan bantuan satelit bumi. Komputer menyimpan peta jalan dan membantu
menentukan posisi kendaraan pada suatu saat tertentu.
Pengaturan jadwal dan jalur penerbangan, pengaturan jadwal penerbangan dan transit diatur dengan computer
Sistem navigasi kapal laut, untuk menentukan posisi atau koordinat dan arah gerak kapal laut.
system admenistasi penjualan tiket di bandara, stasiun dan terminal bus
Pengaturan lalu lintas darat, sekarang ini telah dimanfaatkan pemasangan kamera CCTV untuk memonitor keadan lalu lintas.
4. BIDANG MILITER
Computer
sangat besar peranannya dalam dunia militer, Amerika Serikat dan Negara
– Negara manju lainnya telah lama menggunakan system computer untuk
berperang dan juga untuk system persenjataannya.
Melalui
informasi satelit dapat diketahui posisi bahkan kekuatan dari tentara
musuh, dengan computer juga bisa dilakukan pengendalian terhadap rudal
dari jarak jauh. Melalui teknologi GPS dapat diketahui posisi musuh yang
harus diserang sehingga tidak terjadi kesalahan pengeboman terhadap
pasilitas non militer.
5. BIDANG PERBANKAN
Perbankkan
mungkin dapat dikatakan sebagai lembaga yang paling sering menggunakan
system computer. Dengan computer para akuntan atau pegawai yang bekerja
di perbankan dapat melakukan perkerjaannya dengan mudah.
System
transaksi keuanganpun semakin mudah dengan adanya ATM yang memanfaatkan
system computer juga, sehingga kita tidak perlu antri berlama – lama
untuk melakukan transaksi pengambilan uang ataupun transfer. Dengan
system computer akan lebih mudah untuk melakukan pengiriman uang dari
ataupun keluar negeri hanya dalam hitungan menit saja. Penggunaan
mesin pelayanan bank otomatis (Automatic Teller Machine), terminal
penjualan (Point Of Sell Terminals) dan komunikasi antar komputer
menghasilkan sistem pemindahan dana elektronik (Cash Less Society atau
masyarakat tanpa uang tunai). Keseluruhan sistem ini akan mengubah tata
cara kerja bank, pengecer, grosir dan pedagang.
6. BIDANG INDUSTRI
Dibidang
indutrsi juga telah menggunakan system computer diantaranya untuk
mengendalikan mesin – mesin industri, karena ada sebagian dari proses
industri yang tidak dapat dilakukan secara menual dengan tangan pekerja (
manusia ). Integrasi komputer dengan lengan elektromekanis untuk
melaksanakan tugas tertentu dalam jalur perakitan otomatis (otomasi
industri). Robot sering kali digunakan untuk bertugas pada daerah kerja
yang berbahaya seperti pengelasan, pengecatan, pekerjaan bawah laut, di
tambang maupun di luar angkasa.
7. BIDANG KOMUNIKASI
Seperti
kita ketahui computer sangat besar pengaruhnya dalam bidang komunikasi.
Kita bisa melakukan komunikasi dengan orang yang berada sangat jauh,
antar pulau atau bahkan benua sekalipun, kita bisa berkomunikasi face to
face atau secara langsung dengan orang yang berada jauh dibenua lain.
Kita dapat mengirimkan surat dengan cepat dengan hanya memerlukan waktu
beberapa detik saja menggunakan e – mail.
8. BIDANG GEOFISIKA DAN CUACA
Penggunaan computer dalam bidang geofisika dan cuaca antara lain :
- Untuk menganalisis keadaan cuaca yang mengkin akan terjadi pada suatu waktu pada suatu tempat
- Mengantisifasi kemungkinan terjadinya gempa
- Mengantisifasi kemungkinan terjadinya bencana disuatu tempat seperti banjir, angin kencang dan lain – lain
- Dapat mengetahui kandungan alam atau kekayaan alam yang mungkin berada disuatu tempat seperti keberadaan minyak bumi, batu bara , emas dan lain – lain.
9. BIDANG KONSTRUKSI
Menggunakan
computer para sarjanan konstruksi atau arsitek dapat mendesain rancang
bangun sebuah gedung dengan permodelan dan perhitungan yang akurat.
Pemanfaatan computer dalam bidang konstruksi sejalan dengan
berkembangnya software – software pendukung seperti Auto CAD, 3 DSMax,
3DHome , untuk perhitungan dan analisis kekuatan menggunakan program
SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan computer.
10. BIDANG PERDAGANGAN
Contoh
pemanfaatan sederhana dari system perdagangan atau transaksi barang
saat ini adalah pemanfaatan computer untuk pembayaran di kasir,
transaksi penjualan elektronik via internet atau toko online.
System
pembayaran transaksi perdagangan antar Negara ( ekspor dan imfor ),
pengolahan administrasi dan akuntansi laba rugi perusahaan.
11. BIDANG SENI ( FILM dan LAGU )
Seniman
memanfaatkan komputer untuk membuat film, seni grafis dan musik.
Synthesizers berbasis komputer memberikan peluang besar kepada komposer
yang mampu memanfaatkan untuk menghasilkan lagu-lagu dengan kualitas
tinggi. Pengaturan rekaman dan modifikasi suara sehinga menghasilkan
suara yang bagus dengan media computer, mencatak lagu – lagu kedalam CD
atau DVD perlu bantuan program computer yang disebut dengan buring atau
pembakaran. Computer juga digunakan untuk disain Grafis resolusi tinggi
dan pengolahan citra sehinga memungkinkan dibuatnya citra berkualitas
tinggi dengan efek 3 dimensi yang amat menarik, pembuatan animasi
kartun, editing adegan dalam film dan pembuatan efek – efek didunia
acting seperti ; pemain atau sang actor dapat terbang ke atas awan atau
membuat efek bencana alam seperti efek – efek dalam film 2012 dimana
sebuah pulau dibuat seolah – olah terangkat ke permukaan atau terbelah.
0 komentar:
Posting Komentar