Popular Post bergerak

Popular Post bergerak

Popular Post bergerak

Popular Post bergerak

Selasa, 21 Februari 2012

Shutdown Otomatis pada Komputer


Shutdown
Artikel singkat berikut, akan memandu anda bagaimana cara untuk membuat tugas mematikan (shutdown) komputer secara otomatis berdasarkan waktu yang terjadwal.
Seiring dengan bertambahnya aktifitas,terkadang seseorang membutuhkan sesuatu yang serba otomatis untuk memudahkan kehidupannya. Seperti pada saat mendownload file dengan ukuran besar yang belum juga selesai, sementara kita diharuskan pergi ke kantor karena waktu yang terbatas atau bahkan malam sudah larut, dan kita harus segera tidur. Bagaimana cara mematikan komputer, jika download-an sudah selesai untuk menghemat listrik? Ikuti ceritanya dalam artikel singkat berikut ini.
Ada dua cara yang dapat anda lakukan, jika anda menggunakan WIndows 7 atau Vista :
  1. Dengan bantuan fitur Scheduled Tasks.
  2. Menginstal Software auto shutdown.

Scheduled Tasks
Cara pertama memang perlu sedikit 'effort', tapi anda akan menemukan 'ilmu' baru yang cukup bermanfaat. Jika Windows sudah terbuka, klik tombol start dan Control Panel. Anda akan menemukan Scheduled Tasks di bawah Administrative Tools. (Control Panel\All Control Panel Items\Administrative Tools). Klik pada Task Scheduler dan Anda akan disajikan dengan layar seperti di bawah ini.
Task Scheduler

Task Scheduler pada Windows 7 hampir sama dengan Windows Vista. Task Scheduler dapat terlihat menakutkan, karena waktu bergerak maju (seperti timer pada bom) tapi tidaklah buruk. Kita hanya akan melihat satu task saja di jendela ini dan tidak semua fitur akan diulas.
Pada kolom ‘Actions’ di sebelah kanan, klik Create Basic Task... Anda akan melihat jendela berikut dan isilah dengan Nama dan Deskripsi tugas kita.
Action 1


Setelah mengklik Next, Anda akan melihat layar Pemicu Tugas (Task Trigger). Pilih kapan ‘tugas’ ini harus dijalankan, pada contoh ini saya memilih sekali tugas saja.
Action 2

Selanjutnya pilih tanggal dan jam yang dipilih sesuai dengan jadwal. Jika siap klik tombol next.
Action 3: Pilih Tanggal

Selanjutnya pilih tugas yang akan dijalankan:
  • Start program
  • Kirim e-mail 
  • Tampilkan pesan
Pilih Start a Program. Kemudian klik next.
action4

Setelah muncul jendela program isi script yang berfungsi memanggil program yang akan dipilih, pada contoh ini yaitu shutdown: "C:\Windows\System32\shutdown.exe". Tambahkan argumen ‘/s’ untuk perintah shutdown.
Ada cukup banyak detail dengan perintah shutdown.exe dan gambar berikut merupakan output ketika Anda menjalankan perintah /shutdown.exe? pada command prompt pada Windows 7. Daftar ini merupakan argumen pilihan tentang bagaimana Anda ingin menjalankan perintah pada shutdown.exe.
windows7-task-scheduler-parameters
Klik tombol next, maka proses penambahan task sudah selesai dengan muncul jendela summary. Klik tombol Finish untuk menutup jendela.
Finish
Instal Auto Shutdown
Jika cara di atas dirasa terlalu ‘njlimet’ atau kurang praktis. Ada banyak pilihan software mungil yang dapat anda manfaatkan. Salah satunya adalah Auto Shutdown. Silakan menginstal software kecil yang merupakan software open source dari Ali Keshavarz.
autoshutdown
Setelah menginstalnya, software mungil ini dapat dimanfaatkan dengan mudah dengan memilih action: turn off, stand by, restart atau hibernate sesuai dengan time schedule yang dipilih. Anda bahkan dapat membuat shortcuts untuk keempat action dengan mengkombinasikan tombol yang dipilih. Berminat?

0 komentar:

Posting Komentar