Popular Post bergerak

Popular Post bergerak

Popular Post bergerak

Popular Post bergerak

Senin, 20 Februari 2012

Digital Literacy, Part 4: Perangkat Keras Komputer

Kemarin kita telah mengulas komponen yang membangun teknologi informasi dan komunikasi. Komponen-komponennya terbagi ke dalam dua jenis, yakni, hardware (perangkat keras), dan juga software (perangkat lunak). Mari kita bahas sekarang mengenai perangkat keras.

Jenis-jenis Perangkat Keras

Perangkat keras komputer terbagi ke dalam beberapa jenis sesuai dengan fungsinya dalam alur data. Masih ingat tentang alur data? Bila lupa, cek kembali bagian pertama dari tulisan ini. Menurut alur data tersebut, perangkat keras komputer dapat dibagi ke dalam empat jenis, sebagai berikut:
1. Perangkat Masukan (Input Devices)
2. Perangkat Pemrosesan (Processing Devices)
3. Perangkat Keluaran (Output Devices)
4. Perangkat Penyimpanan (Storage Devices)
Let’s have a look.

Perangkat Masukan

Apa itu perangkat masukan? Perangkat masukan adalah perangkat yang dapat meneruskan data ke dalam komputer, untuk selanjutnya diproses oleh perangkat pemrosesa atau disimpan oleh perangkat penyimpanan. Contoh dari perangkat masukan adalah papan kunci (keyboard), tetikus (mouse), dan juga Webcam. Perangkat masukan dapat mengambil informasi dari dunia luar (mulai dari tekanan tombol, pergerakan tangan, dan juga gambar) untuk kemudian diubah menjadi data dan mengirimkan data tersebut kepada komputer untuk diproses.

Perangkat Keluaran

Apa itu perangkat keluaran? Perangkat keluaran adalah perangkat yang dapat mengambil data dari komputer. Monitor, speaker, dan printer adalah contoh dari perangkat keluaran. Perangkat keluaran dapat mengambil informasi dari komputer untuk selanjutnya diubah menjadi hal-hal yang bersifat nyata–tampilan gambar, cetakan di atas kertas, atau suara.

Perangkat Pemrosesan

600px Intel Core i5 750 1 Digital Literacy, Part 4: Perangkat Keras KomputerApa itu perangkat pemrosesan? Perangkat pemrosesan adalah perangkat yang menjalankan instruksi yang terkandung dalam perangkat lunak. Perangkat pemrosesan merupakan otak dari komputer. Tanpanya, tidak ada komputer. Intel Core i5 yang dibuat oleh Intel atau AMD FX yang dibuat oleh AMD adalah contoh dari perangkat pemrosesan. Umumnya, orang-orang menyebut perangkat pemrosesan sebagai unit pemrosesan pusat (dalam Bahasa Inggris, Central Processing UnitCPU) atau disebut juga dengan prosesor.
600px KL AMD Athlon XP Barton Digital Literacy, Part 4: Perangkat Keras KomputerCPU biasanya dipasang dalam sebuah soket yang ada di dalam papan sirkuit komputer (motherboard). Bentuk aslinya sangatlah kecil, namun saat bekerja CPU mengeluarkan panas yang tidak sedikit. Untuk itulah dibuat paket sedemikian rupa (diperlebar) agar dapat menopang kipas untuk mengusir panas yang prosesor buat. Saat panas diusir, maka prosesor pun menjadi tetap dingin sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik.
800px SocketA Digital Literacy, Part 4: Perangkat Keras Komputer Kita akan bahas cara kerja prosesor pada lain waktu icon smile Digital Literacy, Part 4: Perangkat Keras Komputer

Perangkat Penyimpanan

Sesuai dengan namanya, perangkat penyimpanan ditugasi untuk melakukan penyimpanan terhadap data. Perangkat penyimpanan disebut juga dengan memory. Pada prakteknya, perangkat penyimpanan terbagi ke dalam beberapa tingkatan sesuai dengan tingkat dibutuhkan atau tidaknya data, mulai dari memori primer (memori utama), memori sekunder, dan memori tersier. Data apapun atau instruksi apapun yang hendak diproses oleh prosesor harus diletakkan dahulu dalam memori utama, meski sebelumnya ada di memori sekunder atau bahkan memori tersier.
382px RAM n Digital Literacy, Part 4: Perangkat Keras Komputer
Kita akan bahas memori pada lain waktu icon smile Digital Literacy, Part 4: Perangkat Keras Komputer .
Now we have learned about types of hardware. And next what we’re going to learn is types of input device. Stay tuned icon smile Digital Literacy, Part 4: Perangkat Keras Komputer .

0 komentar:

Posting Komentar